Apa Itu Debt Collector?

Berarti adalah “penagih hutang”. Dalam istilah perbankan, pengertian Debt Collector adalah pihak ketiga yang ditunjuk lembaga keuangan atau bank untuk menyelesaikan masalah kredit macet.

Singkat tentang Debt Collector

Biasanya, hal ini terkait erat dengan urusan hutang piutang di mana nasabah memiliki tunggakan kredit macet yang mencapai level parah. Misalnya, kredit sepeda motor, mobil, rumah, KTA, kartu kredit dan lainnya.

Sebelum melibatkan pihak ketiga dengan menggandeng Debt Collector, lembaga pembiayaan/keuangan/leasing/bank biasanya punya kolektor regular yang bertugas memberikan peringatan yaitu desk collection yang tugasnya menanyakan nasabah via telepon atas jatuh tempo pembayaran hutang nasabah ke pihak bank.

Jika masih saja macet dan tidak bisa diatasi yang berpotensi besar merugikan lembaga keuangan, biasanya hal itu dipasrahkan pihak ketiga, yaitu Debt Collector untuk melakukan eksekusi kepada nasabah tersebut dan mendatangi rumah nasabah tuk memberi penekanan mengenai hutang nasabah ke pihak bank, Apabila masih tidak bisa membayar juga hutang tersebut kemungkinan dept collector menyita/menahan barang-barang nasabah tuk di jadikan jaminan.