Apa Itu Desk Collection?

Desk Collection adalah semacam debt collector, Akan tetapi sistem kerja yang dilakukan oleh desk collection ini adalah hanya mengingatkan tanggal jatuh tempo dari cicilan debitur dan dilakukan dengan media telepon. Biasanya pada level ini desk collection hanya berfungsi sebagai pengingat (reminder) bagi debitur atas kewajiban membayar cicilan yang sudah jatuh tempo. Bahasa yang digunakanpun sangat sopan dan halus, mengingat orientasinya sebagai pelayan nasabah.

Singkat tentang Desk Collection

Desk Collection artinya penagihan yang mengunakan alat bantu telepon, komputer, catatan dan alat tulis. Tujuan desk collector menagih piutang (tagihan kepada nasabah) bank atau non-bank adalah untuk meminimalkan kerugian finansial dengan cara-cara yang sesuai aturan dan kebijakan yang diterapkan oleh oleh bank sentral atau assosiasi tertentu (contoh: Asosiasi Kartu Kredit Indonesia). Alat yang digunakan untuk menagih yang paling utama bagi desk collector adalah telepon. Tempat desk collector menagih berada di kantor terkait atau di tempat lain yang disetujui. misalnya di outsourcing tempat desk collector bekerja. Jika memang prestasi desk collector bagus maka seorang desk collector akan menjadi team leader dan bukan hal yang tidak mungkin untuk diangkat menjadi pegawai tetap bank/ kantor tersebut.

Selain GaPok (gaji pokok) biasanya ada lemburan, uang transportasi dan yang paling besar sumber penghasilan desk collector adalah dari INSENTIF. Insentif adalah bonus yang diberikan jika seorang desk collector melebihi TARGET misalnya jumlah uang yang didapat (amount collected) atau jumlah PK (promise kept) yang didapat atau variable-variabel lain tergantung pembuat insentif.