Pilih Mana, Kartu Debit atau Kartu Kredit?

Nah, setelah mengenal dan mengetahui manfaat dan kekurangannya, Anda bisa memutuskan tetap bertahan hanya dengan memiliki kartu debit sebagai alat pembayaran nontunai atau menambah koleksi kartu elektronik Anda, dengan membuat kartu kredit. Yang pasti membuat kartu debit lebih gampang karena Anda cukup menjadi nasabah suatu bank dan memastikan saldo Anda selalu terisi sehingga Anda selalu

Sementara untuk memiliki kartu kredit sedikit lebih sulit karena ada beberapa syarat tambahan yang harus dipenuhi misalnya buku rekening, slip gaji, kartu ATM dan KTP. Di mal-mal besar juga banyak marketing bank yang menawarkan pembuatan kartu kredit. Jika pengajuan kartu kredit diterima, maka Anda dapat memilih jenis kartu kredit yang diinginkan. Jangan lupa meminta penjelasan detail kepada costumer service mengenai masing-masing jenis kartu tersebut dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setiap kartu kredit memberikan plafon berbeda, salah satunya disesuaikan dengan pendapatan tahunan Anda. Orang dengan penghasilan tinggi dan masa kerja lebih lama serta memiliki catatan baik dalam penggunaan kartu sebelumnya akan lebih mudah mendapatkan kartu berlimit tinggi dibanding newbie.

Berdasarkan limitnya, kartu kredit terdiri atas beberapa jenis, yakni:

  1. Kartu kredit silver, biasanya memiliki limit antara Rp3 juta-Rp4 juta
  2. Kartu kredit gold, dengan limit antara Rp5 juta-Rp20 juta
  3. Kartu kredit platinum, memiliki limit lebih dari Rp20 juta

Nah, apapun jenis kartu yang Anda miliki, sebaiknya bijak menggunakan karena hidup tidak hanya untuk hari ini.

Leave a Comment