Bagaimana mengatasi masalah kartu kredit yang macet pembayarannya? Pertanyaan ini sering muncul dari setiap nasabah yang bermasalah dengan tagihan kartu kredit dan KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Tips atasi masalah KK dan KTA

Untuk itulah saya memberikan bantuan layanan konsultasi dalam rangka memudahkan nasabah Kartu Kredit dan KTA (Kredit Tanpa Agunan) dalam menyelesaikan sengketa dengan bank melalui mediasi perbankan. Nasabah yang memiliki masalah tagihan Kartu Kredit maupun KTA (Kredit Tanpa Agunan) pada dasarnya perlu memahami langkah-langkah yang akan ditempuh. Saya sebagai Financial Legal Advisor pada Kantor Hukum Shinta Murni,S.H & Rekan  memberikan tiga opsi untuk setiap nasabah yang memiliki permasalahan Kartu Kredit dan KTA (Kredit Tanpa Agunan), yaitu :

  1. 1. PROGRAM RE-SCHEDULE / CICILAN TETAP

    Program re-schedule atau cicilan tetap adalah keringanan yang diberikan oleh pihak bank dengan cara mencicil semua total hutang anda. Dari hutang yang anda miliki bisa dicicil dengan cara memperkecil cicilan perbulan anda, dengan tenor 12 bulan sampai dengan maksimal 60 bulan tergantung besar tagihan anda yang ada di bank pada saaat negosiasi.
    Sekitar 90% bank di Indonesia telah bekerja sama dengan kami untuk mengikut sertakan klien-klien kami dalam program keringanan ini.
    Untuk bank-bank lokal biasanya kami arahkan untuk mengikuti program keringanan ini karena keringanan dengan diskon yang diberikan itu biasanya hanya hapus bunga saja, mengembalikan pemakaian pokok. Dan untuk bank-bank asing biasanya kami arahkan untuk ikut program keringanan pelunasan dengan diskon sampai 50%, karena potongannya pembayaran yang besar.

    2. PELUNASAN DENGAN DISKON SAMPAI 50%

    Program pelunasan dengan diskon sampai 50% adalah keringanan yang diberikan oleh pihak bank dengan cara membayar setengah (50%) dari total tagihan anda.
    Jadi, misalnya anda memiliki hutang di bank sebesar 50 juta, anda hanya membayar 50% nya saja yaitu sebesar 25 juta rupiah.
    Untuk program keringanan ini, hanya berlaku untuk bank-bank lokal atau swasta yang ada di indonesia seperti,CITIBANK, STANDART CHARTERED, HSBC, UOB, DBS, DANAMON, CIMB NIAGA, DLL

    3. GABUNGAN DISKON + CICILAN

    Program gabungan diskon + cicilan adalah keringanan yang diberikan oleh pihak bank  dengan diskon 20-40% dengan pembayaran secara cicilan selama 2-6x pembayaran  dari total tagihan anda.
    Jadi, misalnya anda memiliki hutang di bank sebesar 50 juta, anda hanya membayar 65% nya saja yaitu sebesar 32.500.000 dengan dicicil selama 6 bulan.
    Untuk program keringanan ini, hanya berlaku untuk bank-bank asing  yang ada di indonesia seperti,CITIBANK, STANDART CHARTERED, HSBC, UOB, DBS, DANAMON, CIMB NIAGA, DLL.

    Dan untuk bank-bank lokal atau swasta bisa diikutkan program seperti ini, tetapi untuk diskon hanya hapus bunga. Untuk bank lokal tersebut adalah BNI, Bank Mandiri, dan bank-bank swasta lainnya.

    *Khusus untuk Bank Mega, bentuk keringanan yang paling sulit, hanya ada program pelunasan dengan diskon sekitar 10-20%. Tidak ada program cicilan tetap untuk Bank Mega, tapi 2-6 pembayaran untuk pelunasanya. 

    Untuk prosesnya sendiri cukup memakan banyak waktu,

    • –Program Re-Schedule atau cicilan tetap prosesnya minimal sekitar 2-3 bulan untuk bisa kami negosiasikan dengan pihak agar mendapat keringanan. Selama diproses tersebut anda jangan bayar apapun ke pihak bank. Tapi jika dalam waktu tersebut anda belum siap untuk program, kami akan tetap bantu pending pembayaran anda maksimal 12 bulan, karena antara anda dengan kami ada surat kuasa yang berlaku selama 12 bulan. Intinya, untuk penyelesaian kartu kredit atau KTA, kami mengikuti kesiapan dana dari bapak/ibu.
    • -Program pelunasan dengan diskon sampai 50% prosesnya minimal sekitar 6 bulan untuk bisa kami negosikan dengan pihak bank.
    • -Program gabungan diskon + cicilan prosesnya minimal sekitar 6 bulan untuk bisa kami negosikan dengan pihak bank.

    Selama di proses dikami anda diwajibkan untuk tidak melakukan pembayaran apapun ke pihak bank sampai anda siap dana untuk ikut program (max 12 bulan – bisa perpanjangan kontrak kerja),  karena selama diproses tidak melakukan pembayaran apapun, maka pastinya akan ada penagihan via telepon ataupun debt collector. Tapi disini anda tidak perlu khawatir sama sekali, karena kami disini akan membantu anda untuk meng-handle semua penagihan anda dengan cara mengalihkan nomor telepon dan alamat billing anda ke kantor kami, sehingga semua penagihan kedepannya akan kekantor kami.
    Untuk proses pengalihan nomor telepon ataupun alamat, ada syarat yang harus dipenuhi yaitu belum jatuh tempo dan pemakaian tidak over limit.

    Tapi jika pada saat proses nya, kondisi kartu kredit atau KTA anda tidak memenuhi syarat tersebut, kami masih akan bertanggung jawab dengan meminta kerja sama dari anda dengan cara mengalihkan nomor telepon dan alamat secara manual.